Cara Menyetel Celah Katup Engine Kijang 4 K

     
 

            Hay sobat autotechgo.com disini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya saat praktek dulu di bengkel sekolahan saya saat SMK, yaitu cara menyetel katup Engine Toyota Kijang 4 silinder. Katup mesin konvensional memang perlu penyetelan ulang jika perlu berkala agar performa mesin tetap bagus saat digunakan, beberapa alat yang perlu anda siapkan adalah:

Alat yang diperlukan:

  1. Kunci untuk memutar puli poros engkol, bisa juga pakai kunci ring atau kunci shock
  2. feller gauge
  3. Obeng
  4. Kunci T
  5. Kunci pas
  6. Kunci ring

Langkah-langkah menyetel katup 4 silinder:

  1. Langkah pertama adalah putar puli poros engkol menggunakan kunci puli poros enkol hingga top 1 atau hingga piston silinder satu berada pada tma saat langkah kompresi.
  2. Stel katup in dan ex pada silinder 1 menggunakan feller gauge (in 0,2 mm, ex 0,3 mm). Sebelumnya kendorkan terlebih dahulu baut pada penumbuk katup silinder 1 menggunakan kunci pas atau ring dan stel dengan memutar baut menggunakan obeng dan jepitkan feller gauge pada celah katup, jika sudah kencangkan mur tetapi jangan sampai bautnya ikut berputar karena dapat mengubah setelannya
  3. Selanjutnya stel katup in silinder 2 dan katup ex silinder 3(in 0,2 mm, ex 0,3 mm) dengan cara yang sama dengan langkah ke 2.
  4. Setelah itu lakukan sebaliknya, putar puli poros engkol sampai top 4, yaitu piston silinder no. 4 pada posisi tma saat kompresi.
  5. Stel katup in dan ex (in 0,2 mm, ex 0,3 mm) pada silinder no. 4.
  6. Stel katup in silinder 3 dan katup ex silinder 2 (in 0,2 mm, ex 0,3 mm) menggunakan feller gauge.
  7. Jika sudah selesai pastikan semua mur kencang dan tutup kap kepala silinder.
     Sekian postingan saya yang kurang dari sempurna ini, semoga dapat memberi sedikit pengetahuan untuk anda para sobat blogger, kurang lebihnya saya minta maaf, dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

2 komentar

Kenapa in ex pada cilinder 1 beda ukuran celahnya? Tidak sama dngn 234 0,2 0,3

terima kasih atas pertanyaan dan sekaligus kritik nya, setelah saya bertanya langsung dengan teman saya yang bekerja di salah satu bengkel Besar, ternyata untuk katup in 0,2 mm dan ex 0,3 mm di semua silinder, untuk artikelnya sudah saya update, semoga membantu :-)


EmoticonEmoticon