Cara Menyetel Celah Platina Pada Distributor Mesin 4 Stroke Konvensional



Assalamu'alaikum Wr.Wb.
     Hay sobat autotechgo.com, pada postingan ketiga saya kali ini saya akan memostingkan salah satu pengalaman praktek saya di smk jurusan otomotif Tehnik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Pengasih, yaitu praktik tune-up distributor engine konvensional 4 tak(tak). Lagsung saja saya jabarkan alat-alat yang perlu disiapkan beserta langkah-langkahnya:

Siapkan Alat:
  1. timming light
  2. kunci ring 17
  3. tachometer
  4. dwellmeter
  5. kunci T(yang cocok untuk baut distributor)
  6. Feeler gauge(jika perlu)
Langkah-Langkah:
  1. bongkar distributor, kabel tegangan tinggi, dan tutup kepala silinder, 
  2. engine kendaraan di top kan 1, yaitu saat silinder mesin nomor 1 berada pas pada posisi kompresi dan tanda pada puli poros engkol pas dengan tanda yang ada pada dudukannya.
  3. pasang distributor
  4. On kan mesin(bukan di starter).
  5. putar2 distributor hingga ada percikan listrik pada celah platina, dan tahan posisi distributor pada percikan listrik tersebut dengan mengencangkannya sedikit dengan baut.
  6. putar puli poros engkol dengan kunci ring 17 hingga 8 derajat sebelum pengapian
  7. pasang tutup distributor, kabel tegangan tinggi, dan tutup kepala silinder
  8. hidupkan mesin dengan menstaterkannya.
  9. pasang tachometer(yang sudah ada dwellmeternya) dengan kabel + pada - coil dan kabel - pada massa.
  10. jika rpm belum 750 - 800 rpm atur kecepatan idle pada karburator.
  11. jika sudut dwell tidak menunjukkan 52 - 56 derajat, matikan mesin, bongkar tutup distributor dan stel celah platina menggunakan feeler gauge kira-kira 0,52 mm, dan pasang tutup distributor kembali
  12. lepaskan tachometer, kemudian pasang timming light dengan kabel + pada + baterai dan kabel - pada - baterai dan yang satunya pada kabel tegangan tinggi silinder 1 dengan menghadap ke atas.
  13. hadapkan timming light pada tanda 8 derajat sebelum TMA pada puli poros enkol, jika tanda pada poros engkol belum menunjukkan 8 derajat sebelum TMA maka putar-putar distributor hingga tanda pada poros engkol tepat pada tanda 8 derajat.
  14. jika sudah, kencangkan baut pada distributor tanpa mengubah posisi distributor(karena jika posisi distributor diubah tanda pada poros engkol tidak lagi berada pada 8 derajat sebelum TMA) dan selamat anda telah melakukan tune-up pada distributor;-)

      Langkah langkah yang saya jelaskan di atas adalah langkah-langkah yang saya dan teman-teman saya gunakan dulu untuk praktek di mobil Kijang 4K, untuk mobil merk dan jenis lain mungkin akan ada perbedaan, silahkan sesuaikan dengan kendaraan yang anda gunakan untuk melakukan service distributor.

      Sekian postingan saya kali ini, kurang lebihnya saya minta maaf.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

=>Goog Luck<=


EmoticonEmoticon