Pengertian Grease Up dan Cara Melakukannya pada Mobil



Assalamu'alaikum Wr.Wb.
     Hay sobat autotechgo.com, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang grease up dan cara melakukannya. Pertama - tama saya akan menjelaskan apa itu grease, grease(gemuk) adalah bahan setengah padat atau pelumas padat yang terbuat dari oli pelumas cair yang mempunyai bahan tambah pengental(thickening agent).

Apa itu Grease Up?

       Grease up sendiri berarti upaya melumasi bagian - bagian seperti ball joint, cross copel, dll. menggunakan inveeten(alat berbentuk tabung yang berisi grease atau biasa disebut pompa gemuk) yang nantinya grease akan dimasukkan melalui lubang neeple. Bagian kendaraan yang biasanya dilumasi grease adalah ball joint, poros propeller, cross copel, poros upper arm pada suspensi tipe double wishbone tipe pegas coil, poros pegas daun, dan mungkin masih ada yang lain, pada dudukan sepatu rem tromol juga sering diberi grease supaya sepatu rem tromol mudah untuk berpindah. Pada kendaraan pribadi jaman sekarang biasanya sudah terdapat resin pada ball joint sehingga tidak perlu mengisi grease, dan kendaraan yang masih menggunakan grease biasanya adalah truk, kendaraan pick up, bus, dan mungkin masih ada yang lainnya.

Bagaimana cara melakukan Grease Up?

     Untuk mengisi grease biasanya menggunakan alat berbentuk pompa (pompa gemuk) untuk memompa grease keluar melalui slang, dan di ujung selang ada sebuah bagian yang dapat dikendorkan dan dikencangkan untuk mempermudah dalam memasang dan mencopot saluran grease pada inveeten dengan lubang neeple pada bagian chasis yang ingin dilumasi, grease pada komponen chasis dirasa cukup jika sekiranya terlihat sedikit grease keluar melalui sela-sela bagian di dekat kita memasukkan grease menggunakan inveteen.
        
       Mengisi grease ke chasis pada mobil bisa sangat melelahkan, hal tersebut sesuai dengan pengalaman saya sendiri, tapi juga tergatung dari chasis yang ingin anda lakukan grease up karena sering terjadi kasus susah memasukkan grease ke dalam sendi chasis yang akan dilakukan grease up yang salah satu penyebabnya adalah lubang untuk memasukkan grease ke lubang sendi chasis yang tersumbat dengan kotoran sehingga menahan grease atau gemuk untuk masuk dan membuat kita perlu menekan tuas pada inveteen dengan lebih kuat sehingga sedikit menguras tenaga.

Pengalaman saya pribadi

       Sedikit tambahan saja, saya pertama kali melakukan grease up saat saya PKL atau Praktek Kerja Lapangan di bengkel mobil Mitsubishi di daerah Sleman Yogyakarta, mobil yang biasanya saya grease up adalah mobil pick up, truk sedang, dan truk Fuso,  di sana saya juga mendapatkan beberapa pengalaman dan atau pengetahuan diantaranya tentang sistim EGR pada mobil, yang mana saya bagikan sedikit tentang EGR pada salah satu postingan pada blog saya ini.


EmoticonEmoticon