Penyebab Sepeda Motor Berkarburasi Langsung Mati Saat Di Gas Penuh



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
           Pada pagi yang cerah ini saya ingin sekali saya membagikan sebuah artikel pendek yang membahas tentang penyebab sepeda motor berkarburasi langsung mati saat di gas penuh. Lansung saja penyebabnya adalah sebagai berikut.

1.Filter udara kotor
           Jika filter udara pada sepeda motor anda kotor maka udara yang masuk ke dalam karburator tidak mengalir dengan lancar, karena hal tersebut maka saat anda menarik gas dengan sekuat tenaga udara yang masuk tidak maksimal mengakibatkan perbandingan bahan bakar dan udara tidak homogen, campuran udara dan bahan bakar tidak terbakar di ruang bakar dan akhirnya mesin mati seketika itu juga.

2.Karburasi anda belum dilengkapi sistem kejut bahan bakar
             Jika pada mobil berkarburator, karburatornya dilengkapi dengan sistem kejut bahan bakar yang mana sistem ini bekerja dengan menyemprotkan bahan bakar dengan jumlah cukup banyak saat pedal gas di injak secara mendadak. Berbeda dengan sepeda motor, beberapa sepeda motor mungkin dilengkapi dengan sistem ini, tetapi sebagian besar sepeda motor tidak dilengkapi dengan sistem kejut bahan bakar sehingga saat gas ditarik secara mendadak suplay bahan bakar kurang dan menyebabkan mesin kekurangan bahan bakar yang akhirnya mati. Hal ini wajar terjadi karena pemilik sepeda motor juga jarang menarik gas secara mendadak, biasanya kita menarik gas secara perlahan sesuai dengan percepatan mesin.

Pada sepeda motor masa kini telah menggunakan EFI yang mana pengaturan campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih baik dalam kondisi apapun, bisa dibilang sistem EFI adalah penyempurnaan dari sistem karburator, selain kelebihan tersebut sepeda motor yang menggunakan sistem EFI lebih mudah dalam melakukan perawatan.

Sekian, maaf jika sedikit, dan terima kasih:-)


EmoticonEmoticon