Kenali Penyebab Oli Mesin Sepeda Motor Cepat habis


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
         Oli mesin adalah cairan khusus pada mesin yang digunakan untuk melumasi seluruh komponen mesin kendaraan. Selain melumasi oli mesin juga berperan sebagai pendingin, pembersih, dan lain sebagainya, saat mesin dinyalakan oli mesin akan langsung bersirkulasi belingkupi bagian katup dan transmisi pada sepeda motor, oli mesin pada sepeda motor ini memiliki kemungkinan untuk cepat habis oleh beberapa penyebab, berikut beberapa penyebab oli mesin sepeda motor cepat habis.


Beberapa penyebab  oli sepeda motor cepat habis.

1.       Seal oli bocor
Pada engine terdapat yang namanya seal oli, seal oli tersebut digunakan untuk memberi kerapatan antar kompnen mesin agar tidak terjadi kebocoran entah masuk ke dalam ruang bakar atau keluar dari mesin ke udara luar. jika terjadi kebocoran seal oli mesin akibat seal yang rusak maka yang terjadi oli pada mesin akan bocor ke ruang bakar jika seal tersebut dekat dengan ruang bakar atau ke udara luar jika seal tersebut berada di pinggir daripada housing yang terhubung dengan udara luar, jika kebocoran tersebut terjadi maka yang harus kita lakukan adalah membongkar komponen mesin yang terjadi kebocoran dan mengganti seal oli yang bocor dengan seal oli yang baru sehingga tidak terjadi lagi kebocoran oli mesin akibat seal oli mesin yang rusak yang mana akan mengakibatkan oli mesin cepat habis.

2.       Terjadi keausan pada piston dan ring piston
Jika piston dan ring piston yang digunakan pada sepeda motor mengalami keausan maka yang terjadi oli mesin dari crank case akan masuk ke dalam ruang pembakaran melalui celah piston dan ring piston yang telah mengalami keausan sehingga asap knalpot menjadi berwarna putih akibat terbakarnya oli mesin di ruang pembakaran. Selain terjadi kebocoran oli mesin, piston dan ring piston yang mengalami keausan juga akan menyebabkan turunnya kompresi mesin sehingga akan mengurangi performa daripada mesin, penanganan yang perlu dilakukan jika ring piston telah aus adalah dengan menggantinya dengan yang baru sehigga kompresi mesin menjadi normal dan tidak terjadi kebocoran oli lagi ke dalam ruang bakar.

3.       Oli yang digunakan jarang diganti
Jika oli yang anda gunakan pada sepeda motor jarang diganti maka yang akan terjadi oli mesin akan menyusut akibat dari penguapan oli karena telah digunakan dalam jangka waktu lama sehingga mengakibatkan oli berada pada batas minimal, jika hal ini terjadi maka yang harus anda lakukan adalah mengganti oli dengan yang baru karena jika terus-menerus dibiarkan yang terjadi komponen-komponen mesin tidak terlumasi oleh mesin akibat oli mesin yang kurang yang pada akhirnya akan merusak komponen-komponen mesin itu sendiri.

4.       Kekentalan oli atau SAE yang tidak sesuai dengan spedifikasi mesin
Kekentalan oli mesin juga dapat menjadi penyebab dari cepat habisnya oli mesin, jika kita menggunakan oli mesin yang memiliki kekentalan yang tinggi maka yang terjadi akan membuat kinerja mesin lebih berat dan juga sebaliknya jika kita menggunakan oli mesin yang lebih encer maka yang terjadi kinerja mesin menjadi lebih ringan.

5.       Sering menggunakan sepeda motor dalam kecepatan tinggi
Jika kita sering menggunakan sepeda motor dalam kecepatan tinggi maka yang akan terjadi mesin menjadi cepat panas bersama mesin di dalamnya, jika ini terjadi maka oli mesin menjadi sering menguap dan berkurang dari dalam mesin.


EmoticonEmoticon