Penyebab Roda Sepeda Motor Seret Saat Digunakan




Assalamu’alaikum Wr. Wb.
           Pernahkan anda menemui roda depan atau belakang sepeda motor anda trasa angak sedikit seret atau sulit saat diputar. Roda sepeda motor terasa seret saat diputar karena ada benerapa kemungkinan penyebab yang terjadi dan jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa masalah seperti bahan bakar yang menjadi lebih boros karena mesin akan bekerja lebih berat dari biasanya akibat roda sepeda motor yang mengalami putaran yang tidak mulus, untuk penyebab roda sepeda motor seret adalah sebagai berikut.

Penyebab roda sepeda motor anda terasa seret atau agak berat saat diputar:

  1. Setelan rantai terlalu kencang pada roda belakang
              Jika setelan rantai yang menghubungkan mesin dan roda belekang terlalu kencang maka gaya tarik menarik antara gear output mesin dan gear roda belakang akan membuat kedua gear tersebut agak seret saat dibutar, karena hal tersebut secara otomatis roda belekang akan menjadi sulit untuk diputar, maka solusinya adalah mengendorkan setelan daripada roda rantai yang menghubungkan gear output mesin dan gear roda belakang.

  2. As atau poros roda bengkok
             
    Jika as yang digunakan pada roda mengalami kebengkokan misal karena sebelumnya terjadi kecelakaan maka akan membuat pelek daripada roda mengalami daya pengereman akibat gaya gesek as roda dan pelek secara berlebihan yang akan membuat roda terasa lebih berat dari biasanya saat diputar, cara mengatasi masalah ini adalah dengan membongkar roda dan as yang sedang terjadi kerusakan lalu meluruskan as tersebut dengan memukulnya sedikit demi sedikit sampai terlihat dan dirasa sudah lurus.

  3. Setelan rem tromol terlalu kencang
            Jika setelan daripada rem yang digunakan untuk mengerem roda terlalu kencang maka akan membuat roda mengalami daya pengereman walaupun tanpa kendali dari tuas atau pedal rem, pengereman ini mungkin tidak maksimal tetapi akan membuat roda daripasa sepeda motor mengalami seret atau terasa lebih berat saat diputar, solusinya adalah menyetel kembali rem sepeda motor agar tida terlalu kencang dan roda dapat berputar lancar seperti biasanya.

  4. Terdapat benda yang meliit atau mengotori as roda
              Saat as roda terdapat benda misal tali, benang, atau daun yang melilitnya maka yang terjadi adalah roda mengalami kesulitan saat diputar, biasanya benda tersebut dapat dilihat secara langsung dari luar sehingga kita hanya perlu membersihkannya secara manual sehingga roda kembali normal saat digunakan.

  5. Bearing rusak atau pecah
               
    Bearing yang menjadi dudukan daripada roda sepeda motor juga bisa menjadi penyebab dari seretnya roda sepeda motor saat digunakan, kerusakan yang biasa terjadi adalah bearing aus, kocak, dan pecah.


EmoticonEmoticon