Cara Melepas Dan Memasang Rantai Belakang Sepeda Motor

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
        Pada sepeda motor khususnya yang dibahas di sini adalah sepeda motor Yamaha Vega terkadang rantai yang menghubungkan mesin ke roda belakang harus dilepas, misal jika kita ingin menggantinya atau melakukan bongkar mesin secara keseluruhan. Bagi yang belum tahu caranya pasti sangat kesulitan untuk memasangnya kembali atau menggantinya dengan yang baru, sedangkan untuk melepasnya  sendiri bisa dibilang cukup mudah dengan melakukan prosedur seperti berikut.


Cara melepas rantai yang menghubungkan mesin dan roda belakang pada sepeda motor Yamaha Vega R adalah sebagai berikut:

  1.        Siapkan tang slip ring, obeng – kecil, kunci ring ukuran 17,kunci T ukuran 10, dan kunci ring ukuran 19.
  2.            Jika ingin melepas rantai sekaligus melepas gear output mesin maka buka penutup gear dengan melepas baut ukuran 10 yang menguncinya menggunakan kunci T ukuran 10, jika sepeda motor anda sudah lama digunakan maka akan terdapat banyak kotoran disekitar gear yang perlu anda bersihkan. 
  3.           Pada bagian luar gear terdapat slip ring yang mengunci gear output mesin, lepas slip ring tersebut menggunakan tang slip ring dengan menempatkan kedua mata slip ring ke slip ring pengunci gear lalu menekan tuas tang dan melepaskan slip ring keluar dari poros output mesin, atau bisa digunakan juga obeng – berukuran kecil untuk mencongkel slip ring keluar.
  4.       Setelah slip ring berhasil dilepas maka prosedur selanjutnya  kita tinggal menarik gear poros roda belakang keluar bersama rantai yang menghubungkan gear roda belakang ke roda belakang, dan selamat rantai berhasil untuk dilepas.
  5.       Jika kita ingin melepas rantai tanpa melepas gear output mesin, kita bisa mengendorkan baut uang mengunci roda belakang dan mengendorkan setelan kekencangan rantai sehingga rantai dapat keluar dari gear. 
  6.          Pelepasan ini hanya akan melepaskan rantai dari gear, untuk benar-benar melepaskan rantai dari sepeda motor maka yang perlu dilakukan adalah memutus rantai tersebut.
  7.       Untuk memutus rantai maka yang perlu dilakukan adalah mencari sambungan rantai, terdapat semacam plat kecil yang mengunci sambungan, gunakan tang biasa untuk melepas plat kunci tersebut, jepit plat pengunci tersebut menggunakan tang biasa lalu tarik ke arah yang akan melepaskan plat pengunci lalu tarik keluar dari sambungan rantai. 
  8.           Setelah plat pengunci berhasil dilepaskan maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melepas sambungan rantai, hal ini sangat mudah yaitu anda tinggal menarik gigi penyambung rantai ke dalam sehingga rantai berhasil untuk dilepas.

Cara memasang rantai ke gear output mesin dan gear roda belakang.

  1.        Untuk memasangnya tergantung dari rantai yang sebelumnya kita lepas, apakah kita melepasnya dengan tidak memutusnya ataukah kita melepasnya dengan memutusnya.
  2.       Jika kita melepasnya dengan tidak memutusnya maka secara otomatis rantai tidak terlepas dari poros roda belakang alias masih menyangkut pada sepeda motor, kita akan kesulitan untuk memasangnya secara manual, maka kita harus melepas housing magnet terlebih dahulu.
  3.       Lepas housing magnet pada sepeda motor, housing magnet terdapat di bagian kiri mesin, lepas baut-baut yang menguncinya menggunakan kunci T ukuran 10.
  4.       Setelah housing magnet berhasil dilepas, pasang gear output mesin ke poros output mesin dengan rantai yang telah terpasang, jika anda berhasil maka anda sudah langsung bisa memasukkannya ke poros output mesin, jika belum maka anda harus mengendorkan baut rantai pada poros roda belakang terlebih dahulu.
  5.       Jika rantai dan gear berhasil terpasang maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengunci gear output mesin menggunakan slip ring dengan mencongkelnya sedikit demi sedikit ke dalam sampai berhasil mengunci gear input mesin, selanjutnya memasang kembali husing magnet dan menguncinya kembali menggunakan baut ukuran 10.
  6.        Jika rantai yang sebelumnya dilepas diputus maka yang perlu anda lakukan adalah langsung memasang gear output mesin tanpa melepas housing magnet terlebih dahulu dan menguncinya  menggunakan slip ring.
  7.        Rantai langsung dimasukkan ke gear poros roda belakang dan selanjutnya dimasukkan ke gear output mesin dan dipertemukan kembali setelah melewati kedua gear.
  8.        Jika anda mampu, anda bisa lansung memasang gigi sambungan rantai tanpa perlu mengendorkan poros roda belakang, dengan cara ini anda harus benar-benar mensejajarkan rantai dan tidak melenceng ke kanan dan ke kiri, ke atas dan ke bawah.
  9.       Jika gear rantai berhasil dilepas maka selanjutnya kita tinggal menguncinya menggunakan plat pengunci yang di dorong menggunakan tang buaya.
  10.       Jika anda kesulitan memasang gigi rantai tanpa mengendorkan poros roda belakang, maka yang perlu anda lakukan adalah mengendorkan poros roda belakang dan juga mengendorkan setelan kekencangan rantai sehingga rantai berhasil didorong maju sedikit.
  11.       Selanjutnya pasang rantai dengan memasukkannya ke gear roda belakang dan poros mesin lalu mempertemukannya di bagian bawah baru menyambungnya menggunakan gear rantai dan menguncinya menggunakan plat pengunci yang di tekan menggunakan tang buaya.
  12.        Setelah rantai berhasil dipasang maka langkah terakhir adalah memasang kembali penutup gear output mesin dan menguncinya menggunakan baut ukuran 10 yang dikencangkan menggunakan kunci T ukuran 10.
  13.       Selamat rantai anda berhasil dipasang kembali ke sepeda motor.


EmoticonEmoticon