Mengapa Knalpot Mobil Mengeluarkan Air




Assalamu’alaikum Wr. Wb.
          Pernahkan anda melihat sebuah fenomena pada knalpot mobil yang mengeluarkan air disamping mengeluarkan asap kendaraan? tahukah anda mengapa pada knalpot mobil tersebut mengeluarkan air? Knalpot adalah salah satu komponen pada kendaraan bermesin pembakaran dalam yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa bahan bakar dari ruang bakar, bahan bakar kendaraan adalah bensin pada mesin bensin dan solar pada mesin diesel, lantas kenapa knalpot mobil mengeluarkan air saat sedang digunakan? Berikut penjelasannya.

           Bahan bakar yang digunakan pada mesin pembakaran dalam mengandung hidrokarbon dengan berbagai bahan aditif, saat terjadi pembakaran hidrokarbon tersebut bereaksi dengan panas dan udara sehingga hasil reaksi dari bahan-bahan tersebut adalah H2O atau air dan CO2 yang mana pada realitanya masih banyak bahan-bahan yang dibuang oleh mesin sebagai gas buang hanya saja kendaraan-kendaraan saat ini sudah memiliki sistem penyaringan gas buang yang cukup bagus sehingga berhasil menyaring bahan-bahan yang dirasa cukup berbahaya jika dibiarkan keluar ke udara bebas, sehingga gas buang yang dikeluarkan cukup bersih termasuk air yang berhasil keluar dari lubang knalpot.

           Jadi begitu penjelasannya, air keluar dari knalpot akibat reaksi yang terjadi pada ruang bakar sehingga bahan bakar dan udara akhirnya menghasilkan air bersama gas buang.


EmoticonEmoticon